Senin, 03 Oktober 2016

Tanya Jawab 402


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
402

Pertanyaan :
Setelah mengambil Visudhi Trisarana berarti sudah resmi menjadi umat Buddha, bagaimana kalau tinggal di tempat yang terpencil, hanya bisa membangkitkan keyakinan pada Ajaran Buddha dan melafal Amituofo tanpa mengambil Visudhi Trisarana, apakah saat menjelang ajal bisa merintangi usaha terlahir ke Alam Sukhavati?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Visudhi Trisarana memiliki kekuatan jasa kebajikannya tersendiri, kalau tinggal di tempat terpencil yang tidak ada anggota Sanghanya, maka hanya bisa membangkitkan ketulusan dari dalam hati berlindung pada Triratna, atau menulis surat memohon Trisarana pada anggota Sangha, begini juga boleh.

Kalau tidak punya ketulusan, meskipun mengambil Trisarana secara formal, juga hanyalah penampilan luar semata, hendaknya mengutamakan ketulusan hati dan bukan upacara formalnya!

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah mengandalkan ketrampilan melafal Amituofo, saat menjelang ajal yang merupakan rintangan adalah hasil perbuatan sendiri, maka itu praktisi pelafal Amituofo, janganlah berbuat kejahatan, perbanyaklah melakukan kebajikan!

Mengambil Visudhi Trisarana, mematuhi Ajaran Buddha, melebihi segala kebajikan! Apabila setelah mengambil Visudhi tetapi tidak mematuhi ajaran, maka cuma bisa menanam akar kebajikan saja.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(四零二)

問 :  
歸依三寶就是正式佛弟子了,假如在偏僻處,只有信仰念佛而無歸依,將來往生有障礙沒有?

李炳南老居士解答 :
歸依自有其功德力量,如果地方偏僻而無 法師,只要是出自真心,書信請求歸依也可以。如果不誠心,當面歸依,也是形式,要重心而不重形式啊!往生西方,全在念佛功夫,臨終是否有障礙,全在是否招 魔,魔就是自己造的惑業,所以念佛的人,必須諸惡莫作,眾善奉行啊!歸依三寶,遵守三寶的教訓,善莫大焉!如果歸依而不遵其教,僅僅種種善根罷了。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯