Kamis, 15 September 2016

Tanya Jawab 117


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
117

Pertanyaan :
Alam Sukhavati dan alam saha sama-sama merupakan Tanah Buddha, mengapa praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati takkan mengalami kemunduran lagi, sedangkan yang bertumimbal lahir di alam saha, malah mudah mengalami kemunduran batin?  

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Pertanyaan ini, praktisi senior jaman dulu, sejak awal sudah melampirkan penjelasannya di halaman belakang buku sutra, setelah membacanya maka akan memahami jawabannya. Di sini ditambahkan lagi beberapa kalimat:

Yang pertama, pikiran yang tidak terfokus maka tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, nafsu cinta tidak berat maka takkan bertumimbal lahir di alam saha. Kalau pikiran terfokus maka bisa terlahir ke Alam Sukhavati selamanya takkan mengalami kemunduran lagi, sedangkan khayalan yang terlampau banyak, akan jatuh ke dalam lingkaran tumimbal lahir. 

Yang kedua, setelah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, di sekeliling kita semuanya adalah jodoh suci, tidak ada jodoh yang tidak membuat kita meningkatkan kemajuan batin, maka itu selamanya takkan mengalami kemunduran lagi.

Dunia kita ini adalah tanah keruh, terlahir ke dunia ini, tidak ada jodoh yang tidak membuat kita menambah berat nafsu diri, maka itu sebagian besar praktisi akan mengalami kemerosotan batin. 

Yang ketiga, praktisi yang terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, merupakan mereka yang benih sucinya telah masak, yang telah tercerahkan dan takkan mengalami kemunduran lagi.

Sedangkan yang bertumimbal lahir di alam saha merupakan orang-orang yang dikendalikan oleh kekuatan karma, disesatkan oleh khayalan, sulit untuk tercerahkan, maka itu hanya bisa jatuh terpuruk.

Secara sederhana dapat dijelaskan sedemikian rupa, sedangkan untuk lebih terperinci adalah sulit untuk diungkapkan keseluruhannya.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一一七)

問 :  
極樂世界和娑婆世界都是佛土,為什麼生到極樂世界的人就不會再退道心,再入輪迴了,而生到娑婆世界的人,就會退去道心,永遠輪迴呢?

李炳南老居士解答 :
這個問題,古代大德在經文後面早就有詳 細的註解,查閱後就自然明白了。這裏再補充幾句。第一,意念不一就不會往生極樂世界,愛欲不重就不會輪迴娑婆世界。意念專一就會往生淨土永不退轉,妄想太 多就會墮落塵世輪迴生死。第二,生到了淨土,周圍就全部都是淨緣,無緣不促進自己道心上升,因此就永遠不會退轉了。我們這個世界是穢土,生到了這個世界, 無緣不促進自己欲念增重,所以絕大多數會退去道心。第三,往生淨土的人,都是淨因成熟的人,已經覺悟,不會退心。輪迴娑婆的人,都是業力所牽的人,被妄念 迷惑,難以覺悟,所以就只能墮落。簡單的說是這樣,要詳細地說,即使洋洋萬言也難以說盡。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯