Jumat, 30 September 2016

Tanya Jawab 353


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
353

Pertanyaan :
Amitayurdhyana Sutra menyebutkan bahwa praktisi yang terlahir pada Bunga Lotus tingkatan bawah bagian bawah (paling rendah) akan berdiam di dalam Bunga Teratai selama 12 kalpa besar. Harus berada di dalam Bunga Lotus sampai begitu lama waktunya, bagaimana keadaan di dalam Bunga Teratai tersebut? Apakah serupa dengan hewan di alam saha yang tidur sepanjang musim dingin?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kenapa harus berpikir seperti ini? Hewan yang tidur sepanjang musim dingin adalah tidak sadar, sedangkan terlahir dalam kandungan Teratai adalah serupa berdiam dalam samadhi.

Walaupun untuk sementara waktu, bunga belum bermekar bertemu Buddha, tetapi praktisi yang berada di dalam Bunga Lotus akan merasa sangat bebas, di dalamnya ada istana tujuh mustika, bermain dengan gembira.

Waktu bukanlah sesuatu yang mutlak, di dalam Sutra Usia Tanpa Batas dikatakan bahwa “tidak ada istilah hitungan kalpa”, Avatamsaka Sutra menyebutkan bahwa “satu kalpa di alam saha adalah sehari semalam di Alam Sukhavati”.

Asalkan sudah berhasil terlahir di Alam Sukhavati maka ini sudah berarti mencapai pembebasan, walaupun masuk ke dalam kandungan Teratai, namun ibarat memasuki samadhi, 12 kalpa hanyalah persoalan sekejab saja.

Di dalam sutra dikatakan 12 kalpa hanyalah menjelaskan cepat lambatnya praktisi mencapai pencerahan. Waktu berasal dari hati dan pikiran, hati dapat mengubah waktu tapi waktu tidak bisa mengubah hati.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三五三)

問 :  
觀經說下品下生的人在蓮花中要坐十二大劫,在蓮花裏要坐這麼長的時間,其情形是否和娑婆世界的動物冬眠相似呢?

李炳南老居士解答 :
為什麼要這樣想像呢?動物冬眠昏沈,往 生住於蓮胎則類似禪定。雖然暫時沒有花開見佛,但在蓮胎裏非常自由,內有七寶宮殿,遊戲快樂。時間是一個相對的概念,無量壽經說「並無劫數之名」,華嚴經 說「娑婆一劫為極樂世界一晝夜」。既然往生,就已經解脫,雖入蓮胎,如入禪定,十二劫只是一瞬間的事。經說要住十二劫只是說明眾生有利鈍,開悟有早晚。時 間來自於心,心能轉變時間,時間並不能轉變心。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯