Jumat, 16 September 2016

Tanya Jawab 125


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
125

Pertanyaan :
Ketika saya melafal Amituofo, saya memulainya dari melafal di dalam hati, tiba-tiba ketika niat pikiran tersebut naik ke atas kepala, kepalaku terasa pusing, saya merasa ini petanda tidak baik, maka itu saya cuma melafal di dalam hati saja, setelah melewati sebulan lebih, masih saja ada perasaan begini.

Saya membaca buku yang berjudul “Ontologi Alam Semesta”, katanya “dengan hati mencerahkan hati”, apakah ini menunjuk pada fenomena yang saya alami? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Anda belajar Ajaran Buddha dari siapa, maka tanya saja lebih terperinci padanya tentang cara melafal Amituofo. Atau sebaiknya baca dulu buku-buku Aliran Sukhavati, pahami dulu teori dengan jelas. Kalau tidak demikian, oleh karena keraguan maka akan mudah jatuh ke dalam jalan menyimpang, mengundang fenomena kerasukan Mara.

Buku yang anda baca tersebut tidak cocok dibaca oleh praktisi pemula, meskipun sudah dibaca, anda juga takkan memahaminya. Belajar itu ada urutannya, sifat yang tergesa-gesa dan gegabah hanya akan mendatangkan kerugian dan tiada manfaatnya!

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


(一二五)

問 :  
我念佛時,開始是心裏念,忽然念頭到了頭上,頭腦感覺昏脹,我認為是不好的預兆,就用心去念,經過一個多月,還有餘感。我看了《宇宙萬有本體論》,上面說「頭上安頭,將心覺心。」是不是指我這種現象?

李炳南老居士解答 :
你學佛由什麼人傳授,應該向他詳細問明念佛的方法。或者先看淨宗的小冊子,把道理弄清楚。否則就會因疑惑而走入歧途,引來魔事。《宇宙萬有本體論》不是初機閱讀的書籍,你讀了也不會懂。一切學問都有次序,急躁冒進,有損無益啊!

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯