Sabtu, 01 Oktober 2016

Tanya Jawab 372


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
372

Pertanyaan :
Di dalam “Surangama Sutra” tercantum bahwa praktisi yang melafal mantra saat menjelang ajal, boleh terlahir di sepuluh penjuru alam sesuai dengan keinginan, takkan jatuh ke alam penderitaan. Apa bedanya melafal Amituofo dan melafal mantra?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Praktisi pemula tidak memahami Buddha Dharma, hendaknya menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya. Kalau memang ternyata sudah berhasil menguasai satu Pintu Dharma, barulah boleh melirik yang lainnya.

Anda ini sedang melatih Aliran Sukhavati, sepatutnya mempelajari dan menguasai terlebih dulu tiga sutra Aliran Tanah Suci, barulah tidak punya banyak keraguan dan pertanyaan.  

“Surangama Sutra” merupakan salah satu sutra pegangan Aliran Dhyana, isinya juga mendalam dan sulit dipahami, jadi tidak cocok buat praktisi pemula.

Terlahir di sepuluh penjuru alam dengan leluasa, bukanlah kondisi batin yang anda capai, baik-baiklah membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, suatu hari kelak anda pasti akan menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(三七二)

問 :  
 《楞嚴經》中說:「持咒臨命終時,十方國土,可得隨意往生,更不墮落。」念佛往生與念咒往生有什麼區別?

李炳南老居士解答 :
初學佛法的人,不明教理,就要有個下手 方便處,學哪一宗就從哪一宗下手。明白一宗後,再研究其他宗的書籍。你既然修淨宗,就要先把淨土三經貫通,疑問自然就少了。《楞嚴經》是禪宗經典,內容深 奧,不是初學所宜。十方國土隨意往生,不是你的境界,老實念佛則總有一天會見到本來面目。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯