Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
07
Pertanyaan :
Ada orang yang
mengatakan bahwa Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha dan Bodhisattva
Avalokitesvara adalah serupa, benarkah demikian?
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Kalau ditinjau dari
segi Dharma-kaya, maka bolehlah dikatakan sedemikian rupa, tetapi bila ditinjau
dari Sambhoga-kaya dan Nirmana-kaya, maka tidak bisa dikatakan serupa.
Dharma-kaya (tubuh
Dharma) para Buddha ada di seluruh ruang dan waktu, merupakan satu kesatuan
baik dengan ruang maupun waktu, ruang dan waktu adalah tak terhingga dan tanpa
batas, maka itu Dharma-kaya para Buddha juga adalah tak terhingga dan tanpa
batas. Oleh karena tak terhingga dan tanpa batas, maka Dharma-kaya para Buddha
adalah sama.
Sambhoga-kaya menunjuk
pada tubuh yang digunakan oleh para Buddha, tubuh suci ini diperoleh setelah
melewati pelatihan diri selama tiga asamkheyakalpa besar, dimana telah
tertimbun berkah dan kebijaksanaan serta jasa kebajikan yang tak terhingga.
Sedangkan
Nirmana-kaya (tubuh jelmaan) masih dapat dibagi 2 yakni Nirmana-kaya unggul dan
Nirmana-kaya rendah.
Nirmana-kaya unggul
digunakan para Buddha dalam mengikrarkan tekad dan mewujudkan Tanah Suci,
menampilkan kemampuan gaib kepada sepuluh tingkatan Bodhisattva, memutar roda
Dharma, sehingga semuanya memperoleh kebahagiaan Dharma.
Nirmana-kaya rendah
digunakan para Buddha ketika berada di alam yang penuh dengan kekeruhan, dimana
Sang Buddha akan menjelma serupa dengan makhluk di alam tersebut, demi
membabarkan Dharma kepada para makhluk yang masih belum mencapai tingkatan
Bodhisattva dan makhluk lainnya, sehingga semua makhluk memperoleh pembebasan.
Dipetik dari : Tanya Jawab
Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun
淨土法門疑難問題解答
(七)
問 : 有人說釋迦牟尼佛、阿彌陀佛、觀世音菩薩同為一體,是不是?
李炳南老居士解答 :
法身可以這樣說,報身和化身就不能這樣 說。諸佛法身無處不在,無時不有,與宇宙已經融為一體,「宇宙」的「宇」字,即是指空間,「宙」即是指時間,時間和空間是無量無邊的,所以諸佛的法身也都 是無量無邊的。既然都是無量無邊的,諸佛的法身就是相同的。報身即是指自受用身,所謂自受用身即是諸佛如來經過三大阿僧祗劫的修行,已經積聚了無量福慧資 糧和無量真實功德,得到了圓淨常遍色身,此身清淨湛然,相續不斷,盡未來際,永遠受用廣大法樂。化身即是諸佛的變化應身,分為殊勝應身和劣等應身,殊勝應 身即是他受用身,指諸佛發大願而成就淨土,佛居純淨土,為十地以上菩薩現大神通,轉正法輪,決眾疑網,令大家受用大乘法樂。劣等應身指諸佛居穢土隨類變 化,為未登地菩薩,及所有眾生,方便說法,使一切眾生盡得解脫。
文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯