Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
106
Pertanyaan :
Pintu Dharma Tanah
Suci dipuji oleh semua Buddha di sepuluh penjuru, setiap saat menasehati para
makhluk untuk pulang ke Alam Sukhavati, merupakan Pintu Dharma yang terunggul.
Buddha Amitabha
telah mencapai KeBuddhaan sejak 10 kalpa yang lampau, sebelumnya apakah sudah
ada Pintu Dharma sedemikian rupa? Apakah Pintu Dharma ini cuma diwujudkan oleh
Buddha Amitabha seorang saja?
Kalau tidak ada
Buddha Amitabha, bukankah para makhluk harus melatih diri selama tiga asamkheyakalpa
besar barulah bisa mencapai KeBuddhaan? Apakah metode praktis dari para Buddha
lainnya tidak sebanding dengan Buddha Amitabha?
Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Pertanyaan ini
dibagi tiga bagian untuk menjawabnya. Yang pertama, Pintu Dharma Tanah Suci
adalah Pintu Dharma yang melafal Amituofo, sebelum adanya Buddha Amitabha maka
dengan sendirinya para makhluk juga tidak tahu melafal Amituofo. Para Buddha di
sepuluh penjuru memuji adalah memuji lafalan Amituofo.
Sepuluh kalpa yang
lampau, masih belum ada Buddha Amitabha, jadi apa yang harus diandalkan para
Buddha di sepuluh penjuru untuk membabarkan Pintu Dharma ini?
Yang kedua, Pintu
Dharma Buddha Amitabha, yakni melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati, hal ini terwujud dengan mengandalkan kekuatan tekad Buddha Amitabha,
menurut apa yang tertera di dalam sutra, ini memang diciptakan oleh Buddha
Amitabha seorang saja.
Mengenai para
makhluk yang harus melatih diri selama tiga asamkheyakalpa besar barulah bisa
mencapai KeBuddhaan, sesungguhnya praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan
tertinggi juga mampu melampauinya, cuma praktisi begini tentunya langka adanya.
Yang ketiga, ajaran
para Buddha adalah serupa, metode praktis yang dibabarkan juga tidak ada yang
lebih tinggi atau lebih rendah, hanya saja tekad yang diikrarkan oleh Buddha
Amitabha semasa melatih diri, sedemikian istimewanya, maka itu setelah mencapai
KeBuddhaan, dalam hal memberi manfaat bagi semua makhluk juga sedemikian
istimewanya.
Praktisi senior
jaman dulu berkata : “Para Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, Buddha
Amitabha merupakan yang terunggul”.
Dipetik dari : Tanya Jawab
Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun
淨土法門疑難問題解答
(一零六)
問 :
淨土法門,十方共讚,處處指歸,最為殊勝。彌陀成佛已經十劫,在十劫前有沒有這樣的法門?這個法門是彌陀獨創的嗎?沒有彌陀,那麼眾生成佛就非三大阿僧祗劫不可了。是不是其他佛的善巧方便不如阿彌陀佛呢?
李炳南老居士解答 :
這個問題分三個方面來回答。一、淨土法 門即是念彌陀聖號的法門,彌陀以前,沒有彌陀,自然就不能念。各佛共讚,即是讚歎念誦彌陀聖號。十劫以前,並無彌陀,十方各佛憑什麼開這個法門呢?二、彌 陀法門,持名往生,這是依賴彌陀的願力,按照經上所講,是彌陀獨創。至於眾生成佛並非都要經過三大阿僧祗劫,上乘利根的人,也能頓超,不過稀有難得,不普 遍罷了。三、佛佛道同,善巧方便沒有高低,只因為彌陀因地發願特殊,所以果地利益眾生也特殊。古代的大德說:「十方三世佛,阿彌陀第一。」各佛不及的地方 大概就在這裏吧!
文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯