Kamis, 15 September 2016

Tanya Jawab 115


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
115

Pertanyaan :
Disebutkan bahwa Dharmakaya Buddha Amitabha memenuhi segala ruang dan waktu, tetapi juga disebutkan bahwa para Buddha yang tersebar di enam penjuru, banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga.

Maka itu muncul pertanyaan sedemikian rupa di benakku, kalau memang Dharmakaya Buddha Amitabha memenuhi seluruh ruang dan waktu, jadi para Buddha yang tersebar di enam penjuru, yang banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga harus berdiam di mana?

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Buddha memiliki tiga tubuh (Trikaya), yakni Dharma-kaya, Sambhoga-kaya dan Nirmana-kaya. Dharmakaya tidak mempunyai bentuk, yakni ibarat ruang, maka itu takkan saling menghalangi.

Praktisi senior jaman dulu menggunakan lampu penerangan sebagai perumpamaan, yakni di sebuah rumah yang dipasang seribu buah bola lampu, sinar dari bola lampu-bola lampu tersebut bisa saling menerangi, meskipun di rumah tersebut dipasang sepuluh ribu bola lampu, sinar bola lampu tersebut juga takkan saling menghalangi atau merasa terganggu!

Setelah memahami makna yang terkandung di dalamnya, maka anda dapat mengurai keraguanmu.

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一一五)

問 :  
阿彌陀佛是法界藏身,就是說他的法身充滿虛空,但又說六方有恒河沙一樣多的佛,於是我就產生這樣的疑問,既然阿彌陀佛的法身已經充滿虛空,那麼六方恒河沙數佛坐到哪里去?

李炳南老居士解答 :
佛有三身,你所問的是法身。法身是沒有形狀的,就像虛空一樣,以空入空,相互之間還有什麼妨礙呢?以前的大德用燈光來作比喻,非常恰當。就是說一室千燈,每盞燈的光都能和其他燈光互相融合,即使一室萬燈,也不會互相有妨礙啊!體會了這其中的意思,你的疑問也就解決了。

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯