Kamis, 15 September 2016

Tanya Jawab 118


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
118

Pertanyaan :
“Bhaisajyaguru Sutra” ada menyebutkan tentang terlahir di Tanah Suci Vaiduryanirbhasa, juga selamanya takkan mengalami kemunduran lagi. Meskipun tidak seunggul Alam Sukhavati, tetapi lebih lumayan daripada alam saha.

Kalau begitu, bukankah juga sama kalau kita lahir di Tanah Suci penjuru timur? Lagi pula melafal nama Bhaisajyaguru Buddha, pada masa kehidupan sekarang mau harta dapat harta, memohon apa saja akan terkabul, kenapa tidak sekarang saja menikmati keuntungan ini, barulah kemudian terlahir di penjuru timur? Bukankah dengan demikian lebih nyaman daripada bertekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat? 

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Apabila anda memang bisa berhasil terlahir di Tanah Suci Vaiduryanirbhasa, tentu saja takkan mengalami kemunduran lagi. Cuma takutnya anda malah gagal ke sana, jadi tidak perlu lagi membahas tentang kemunduran atau ketidakmunduran.

Baik Tanah Suci di penjuru timur maupun barat, apabila berhasil terlahir di sana pasti mencapai ketidakmunduran, tentunya ini adalah serupa, tetapi persyaratan apa yang perlu dipersiapkan untuk berhasil terlahir di sana, maka terdapat perbedaan yang besar.

Membaca sutra itu tidak boleh gegabah, tiba waktunya dipergunakan malah tidak bisa efektif, akhirnya Buddha pula yang disalahkan.  

Lagi pula anda begitu mendambakan kenikmatan duniawi, sesungguhnya kemelekatan masih begitu berat, masih ingin ke Tanah Suci Vaiduryanirbhasa, mana ada hal yang sebegitu gampangnya? Tanpa menanam benih suci mana mungkin bisa memetik buah suci?  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(一一八)

問 :  
《藥師本願經》也說往生琉璃淨土,就會永不退轉了。雖然沒有說勝過極樂,但比娑婆好多了。那麼我們生東方淨土不也是一樣嗎?況且念藥師佛,現世就能求財得財,求一切得一切,為什麼不先享受現世利益,再往生東方呢?這樣不是比求生極樂更加舒服嗎?

李炳南老居士解答 :
你居士如果能夠生到藥師琉璃淨土,自然 就會永不退轉了。只怕你去不了,就談不上退不退的問題了。東西兩個淨土,往生不退,當然是一樣,但具備什麼條件才能往生,就大不一樣了。看經文不能粗心大意,以免到時無效,反而怪佛不靈驗。而且居士貪戀現世享受,本來就是塵根未盡,還想到琉璃世界生芽,哪裏有這樣的事呢?沒有淨因,哪里有淨果啊?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯